Unsur-Unsur Bahasa Indonesia ㋰ Nuzul Asrul | Papua Indonesia

Lebih baik mencintai dan terluka, daripada bersembunyi ketakutan dalam hidup yang hampa cinta. Karena, Memang cinta tidak menjamin kebahagiaan, tetapi tidak ada kebahagiaan tanpa cinta :D

PERHATIAN !!!

Apa bila ingin membaca artikel saya secara lengkap anda tinggal mengklik judul dari artikel yang anda baca. Terima Kasih

Unsur-Unsur Bahasa Indonesia



NAMA  : NUZUL ASRUL FANTRI INGGRAHA IHA
KELAS : 3EB03
NPM     : 25212558



Fungsi dan kedudukan dalam bahasa Indonesia itu sangat penting karena tanpa adanya Bahasa kita tidak bisa disebut sebagai bangsa karena bahasa merupakan suatu unsur terbentuknya bangsa. Bahasa adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain atau satu kelompok dengan kelompok yang lain dalam satu komunitas yang besar. Seperti fungsi, kedudukan bahasa juga sama seperti yang pertama tadi di mana di Indonesia itu tidak hanya memiliki satu bahasa tapi ada ratusan bahasa yang digunakan tapi sebagaimana kita sebagai bangsa Indonesia kita menggunakan bahasa yang satu yaitu bahasa Indonesia.

Saat kita mengucapkan satu kata suatu kalimat atau berbicara dengan orang lain kita membutuhkan ejaan atau bahasa atau tata baca atau cara bicara yang baik dan benar agar dapat dimengerti orang lain dan dapat dipahami apa yang dimaksud oleh kita.

Diksi atau dengan kata atau pilihan kata saat kita berbicara kita membutuhkan kata-kata yang tepat dalam berkomukasi mungkin seperti kita saat di tempat umum kita menggunakan bahasa yang sangat umum yang dapat di mengerti orang lain. Saat kita di kantor, di sekolah kita menggunakan bahasa yang umum. Pemilihan kata ini dipergunakan agar kita dapat menempatkan kata-kata yang tepat pada tempatnya agar tidak menimbulkan suatu permasalahan dalam berkomukasi antara kita dengan orang lain.

Kalimat efektif mempunyai arti pikiran atau perasaan yang sampaikan agar dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain maksudnya adalah saat kita berbicara kita tidak perlu menggunakan kata-kata yang tidak diperlukan sehingga dalam kata-kata tersebut dapat menemui arti yang seharusnya dapat dimengerti. Dan di dalam kalimat efektif kita dituntut untuk menghemat dan cermat dalam pemilihan kata, logis dan pemikiran yang diucapkan dan dalam suatu kalimat itu memiliki kesatuan atau kepanduan.

Dalam bahasa Indonesia kita juga mempelajari yang namanya alinea, alinea sendiri yaitu kalimat yang saling berhubungan yang merupakan hasil dari sebuah gagasan maksudnya di sini adalah di mana kita membuat kalimat, kalimat itu pasti mempunyai sebuah gagasan dan gagasan itu perlu untuk kita sampaikan isinya. Dalam alinea terdapat unsur-unsur topik, tema, gagasan utama, gagasan inti maupun pokok pikiran.Saat kita menulis kita membutuhkan aline yang benar, karena tanpa adanya alinea kita tidak akan tahu cara penulisan tidak bisa membuat tulisan yang baik dan benar.


Perencanaan penulisan karya karangan ilmiah dalam penulisan karangan kita membutuhkan langkah-langkah. Langkah-langkahnya itu tidak lain dan tidak bukan yaitu pemilihan topik , pembatasan topik, kemudian judul, menentukan tujuan penulisan. Dalam kerangka tulisan ilmiah semua itu diperlukan agar menjadi satu kesatuan yang dapat dipertanggungjawabkan nanti dengan apa yang telah kita karang atau telah kita buat atau tulisan yang telah kita buat yang berupa karangan ilmiah.

Kemudian unsur yang berikutnya itu kerangka karangan. Kerangka karangan adalah rencana teratur tentang pembagian dan penyusunan gagasan kerangka karangan. Apa sih manfaat dari kerangka karangan ? kerangka karangan itu memudahkan kita untuk menyusun kerangka secara teratur, membantu kita untuk melihat gagasan-gagasan dengan mudah, mencari data-data atau fakta, menghindari timbulnya pengulangan pembahasan, memperlihatkan bagian bagian pokok karangan dan membantu mengumpulkan data dan sumber-sumber yang diperlukan.

Yang terakhir yaitu kutipan dan daftar pustaka. Kutipan sendiri mempunyai arti yaitu pengambilan satu kalimat dari karya tulisan orang lain nah maksudnya di sini yaitu saat kita membuat tulisan mungkin kita membutuhkan referensi atau bacaan atau apa pun itu sebagai sumber untuk menambah tulisan yang akan kita buat nah kutipan itu perlu dibuat agar kita menghargai karya orang lain yang telah kita kutip. kemudian daftar pustaka, daftar pustaka itu sebagaimana mempunyai arti sebuah daftar yang berisi judul judul buku, artikel, makalah dan dalam bentuk lainnya yang dijadikan sumber.

Jadi menurut saya fakta-fakta yang dijelaskan dalam sembilan unsur ini mempunyai arti yang sangat penting bagi kita untuk menulis, berbicara dan berkomunikasi dengan orang lain baik lisan maupun tulisan. Sehingga semua fakta yang disebutkan ini mempunyai hubungan yang sangat erat, karena apa ? karena tanpa kita tahu apa itu arti bahasa kita tidak akan tahu bagaimana cara kita menjelaskannya dan bagaimana cara kita untuk membuat tulisan. Semua itu membutuhkan pengertian dari sembilan unsur tadi yang mempunya hubungan keterkaitan unsur yang pertama sampai dengan unsur yang terkahir.


Sebagai Bangsa Indonesia marilah kita menjaga bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu Bangsa Indonesia, cintai Bahasamu maka kamu telah mencintai Bangsamu.
POSTINGAN TERKAIT
MOHON SOBAT TINGGALKAN KOMENTAR UNTUK KEMAJUAN BLOG INI
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: