Tugas Softskill Pengantar Bisnis Bab 6 Pemasaran ㋰ Nuzul Asrul | Papua Indonesia

Lebih baik mencintai dan terluka, daripada bersembunyi ketakutan dalam hidup yang hampa cinta. Karena, Memang cinta tidak menjamin kebahagiaan, tetapi tidak ada kebahagiaan tanpa cinta :D

PERHATIAN !!!

Apa bila ingin membaca artikel saya secara lengkap anda tinggal mengklik judul dari artikel yang anda baca. Terima Kasih

Tugas Softskill Pengantar Bisnis Bab 6 Pemasaran

1. Pengertian Pasar dan Pemasaran
  • Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau lebih jelasnya, daerah, tempat, wilayah,area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling bertemu dan membentuk harga. 
  • Pemasaran adalah proses perpindahan barang dan/atau jasa dari produsen kekonsumen atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.

2. Jenis-jenis Pasar


          1. Jenis pasar menurut bentuk kegiatannya. 
  • Pasar nyata adalah pasar diman barang-barang yang akan diperjual belikan dan dapat dibeli oleh pembeli. Contoh pasar tradisional dan pasar swalayan
  • Pasar abstrak adalah pasar dimana para pedagangnya tidak menawar barang-barang yang akan dijual dan tidak membeli secara langsung tetapi hanya dengan menggunakan surat dagangannya saja. Contoh pasar online, pasar saham, pasar modal dan pasar valuta asing.


          2.Jenis pasar menurut cara transaksinya.
  • Pasar tradisional adalah pasar yang bersifat tradisional dimana para penjual dan pembeli dapat mengadakan tawar menawar secar langsung. Barang-barang yang diperjual belikan adalah barang yang berupa barang kebutuhan pokok.
  • Pasar modern adalah pasar yang bersifat modern dimana barang-barang diperjual belikan dengan harga pas dan denganm layanan sendiri. Tempat berlangsungnya pasar ini adalah di mal, plaza, dan tempat-tempat modern lainnya.

           3.Jenis – Jenis Pasar menurut jenis barangnya.
  • Beberapa pasar hanya menjual satu jenis barang tertentu , misalnya pasar hewan,pasar sayur,pasar buah,pasar ikan dan daging serta pasar loak.
          4. Jenis – Jenis Pasar menurut keleluasaan distribusi.
  • Pasar Lokal
  • Pasar Daerah
  • Pasar Nasional, dan
  • Pasar Internasional
3. Konsep-konsep Inti Pemasaran
  • Kebutuhan : suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu.
  • Keinginan : yang menyangkut keinginan manusia, yaitu kebutuhan yang dibentuk oleh budaya dan pribadi seseorang
  • Permintaan : kebutuhan/keinginan yang tidak terbatas, namun sumber dayanya terbatas.
  • Produk : sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk mendapatkan perhatian, untuk dimiliki,digunakan, ataupun dikonsumsi dalam rangka memenuhi kebutuhan atau keinginan.
  • Pertukaran : kegiatan untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
  • Transaksi : mengendalikan adanya nilai-nilai yang dipertukarkan di antara dua pihak yang melibatkan sedikitnya dua barang/jasa, syarat-syarat yang di sepakati,waktu kesepakatan, dan tempat
  • Pasar : himpunan pembeli nyata dan pembeli potensial atas suatu produk.
4. Manajemen Pemasaran

         Manajemen pemasaran adalah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi,oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.

  • Keadaan Permintaan dan Tugas Pasar

1.   Permintaan negative

         Sebagian besar pasar tidak menyukai produk. Tugas pemasar adalah menganalisis mengapa pasar tidak menyukai produk, dan apakah suatu program pemasaran dapat mengubah kepercayaan dan sikap pasar melalui perancangan kembali produk, harga yang lebih rendah dan promosi yang lebih positif. 

2. Tidak ada permintaan
       Tidak memiliki kepentingan terhadap manfaatnya. Tugas pemasar adalah menemukan cara untuk menghubungkan manfaat produk dengan kebutuhan dan minat pasar. 

3. Permintaan terpendam
            Memiliki harsat kuat terhadap sesuatu yang tidak dapat dipuaskan oleh produk atau jasa yang ada. Tugas pemasar adalah mengukur besarnya pasar potensial ini dan mengembangkan barang serta jasa yang akan memuaskan permintaan terhadap produk tersebut. 

4. Permintaan yang menurun
             Setiap organisasi cepat atau lambat menghadapi menurunnya permintaan terhadap satu atau lebih produknya. Tugas pemasaran adalah meningkatkan kembali permintaan yang menurun melalui upaya pemasaran kembali produk bersangkutan dengan cara kreatif.

5. Permintaan yang tidak teratur
            Permintaan yang berubah ubah menurut musim, hari, atau bahkan jam. Tugas pemasaran adalah menemukan cara untuk mengubah pola waktu permintaan melalui cara penentuan harga yang lebih fleksibel, promosi dan rangsangan lainnya.

6. Permintaan penuh
                Menghadapi permintaan penuh apabila organisasi itu puas terhadap volume atau hasil yang telah dicapainya. Tugas pemasaran adalah mempertahankan tingkat permintaan ini di tengah perubahan selera konsumen serta meningkatnya persaingan.

7. Permintaan yang berlebihan
                Menghadapi permintaan tingkat yang lebih tinggi dari pada yang dapat atau ingin dilayaninya. Tugas pemasaran adalah melakukan demarketing yaitu menemukan cara untuk mengurangi permintaan sementara maupun permanen, seperti dengan menaikan harga, mengurangi promosi ataupun aktivitas pelayanan.

8. Permintaan yang tidak sehat
              Akan memunculkan upaya yang terorganisasi untuk mengurangi ataupun mencegah penggunaannya. Tugas pemasaran adalah mengajak orang orang yang mengemari produk produk ini untuk mengurangi atau meninggalkannya, dengan peningkatan harga, memberikan ancaman bagi yang menggunakan, maupun mengurangi ketersediaan produknya.
  • Falsafah Manajemen Pemasaran
            Dapat memberikan tuntutan kepada usaha pemasaran, sehingga akan tercapai keseimbangan antara kepentingan organisasi, konsumen, dan masyarakat. Lima konsep dalam manajemen pemasaran yaitu :

a. Konsep produksi
b. Konsep produk
c. Konsep penjualan
d. Konsep pemasaran
e. Konsep pemasaran kemasyarakatan

5. Baruan Pemasaran

          Kegiatan pemasaran yang terpadu dan saling menunjang satu sama lain. Konsep empat P atau bauran pemasaran tersebut adalah produk, harga, saluran distribusi, dan promosi. Tujuan pemasaran keempat unsure tersebut harus saling mendukung, sehingga keberhasilan dibidang pemasaran diharapkan diikuti oleh kepuasan konsumen.

6. Tujuan Sistem Pemasaran

  • Memaksimalkan konsumsi
  • Memaksimalkan kepuasan konsumsi
  • Memaksimalkan pilihan
  • Memaksimalkan kualitas hidup
7. Pendekatan dalam Mempelajari Pemasaran
  • Pendekatan serba barang
             Yang melibatkan studi tentang bagaimana produk-produk tertentu berpindah dari produsen ke konsumen.
  • Pendekatan institusi
          Mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
  • Pendekatan fungsional
            Penjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarisasi, dan grading serta pengumpulan informasi pasar.
  • Pendekatan manajerial
                      Pemasaran berdasarkan pendapat manajer serta kepuasan yang diambilnya.
  • Pendekatan social
                  Memberikan perhatian pada konstribusi social dan biaya yang timbul akibat aktivitas pemasaran.



DAFTAR PUSTAKA
http://farahir.wordpress.com/2010/11/04/softskill-proses-pemasaran-dan-perilaku-konsumen/
http://caturdj.wordpress.com/softskill-bab-6-pemasaran/
http://agushadim.blogspot.com/2011/12/softskill-bab-6-pemasaran.html



POSTINGAN TERKAIT
MOHON SOBAT TINGGALKAN KOMENTAR UNTUK KEMAJUAN BLOG INI
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar: