1. Pengertian Perusahaan
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan ( Pengantar Bisnis Widyatmini Penerbit Gunadarma )
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan ( Pengantar Bisnis Widyatmini Penerbit Gunadarma )
Ialah suatu tempat untuk melakukan kegiatan proses produksi barang atau jasa. Hal ini disebabkan karena kebutuhan manusia tidak bisa digunakan secara langsung dan harus melewati sebuah proses di suatu tempat, sehingga inti dari perusahaan ialah tempat melakukan prosessampai bisa langsung digunakan oleh manusia.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
Perusahaan merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang atau jasa. Perusahaan juga disebut tempat berlangsungnya proses produksi yang menggabungkan faktor – faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan merupakan alat dari badan usaha untuk mencapai tujuan yaitu mencari keuntungan. Orang atau lembaga yang melakukan usaha pada perusahaan disebut pengusaha, para pengusaha berusaha dibidang usaha yang beragam.
2. Definisi Perusahaan Menurut Para Ahli
- MOLENGRAAFF
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan yang dilakukan secara terus menerus, bertindak keluar, untuk memperoleh penghasilan dengan cara memperdagangkan atau menyerahkan barang atau mengadakan perjanjian perdagangan
- PEMERINTAH HINDIA BELANDA
Perusahaan adalah keseluruhan perbuatan, yang dilakukan secara tidak terputus-putus, dengan terang-terangan, dalam kedudukan tertentu dan untuk mencari laba (bagi diri sendiri)
- UU No.8 TAHUN 1997, PASAL 1 (1)
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang melakukan kegiatan secara tetap dan terus-menerus dengan memperoleh keuntungan dan atau laba bersih, baik yang diselenggarakan oleh orang perorangan maupun badan usaha yang berbentuk badan hukum atau bukan badan hukum, yang didirikan dan berkedudukan dalam wilayah negara RI
- JOHN M. ECHOLS
- MURTI SUMARNI (1997)
Perusahaan adalah sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber daya ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat.
- MUCH NURACHMAD
Perusahaan adalah setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutun, atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekrjakan pekerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain atau usaha - usaha sosial dan usaha - usaha lain yang mempunyai pengurus dan mempekrjakan orang lain dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.
- Kesimpulan Perusahaan Menurut saya
Perusahaan adalah suatu tempat terjadinya kegiatan produksi berupa barang dan jasa yang mempunyai fungsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan juga untuk memperoleh keuntungan. perusahaan juga memberikan pekerjaan bagi orang lain untuk mengurus kegiatan-kegiatan dalam perusahaan.
1. Tempat Kedudukan Perusahaan
Lokasi atau tempat kedudukan Perusahaan adalah suatu tempat di mana perusahaan itu melakukan kegiatan fisik. Kedudukan perusahaan dapat berbeda dengan lokasi perusahaan, karena kedudukan perusahaan adalah kantor pusat dari kegiatan fisik perusahaan. Contoh bentuk lokasi perusahaan adalah pabrik tempat memproduksi barang.
2. Faktor-Faktor Pokok Penentu pemilihan Lokasi Industri atau Letak Perusahaan
- Letak dari sumber bahan mentah untuk produksi
- Letak dari pasar konsumen
- Ketersedian tenaga kerja
- Ketersediaan alat transportasi
- Ketersediaan energi
- Lokasi perusahaan yang ditetapkan oleh pemerintah, lokasi ini sudah di tetapkan dan tidak bisa seenaknya membangun perusahaan di luar lokasi yang telah ditentukan
- Lokasi perusahaan yang mengikuti sejarah, lokasi yang dipilih biasanya memiliki nilai sejarah tertentu yang dapat berpengaruh terhadap kegiatan bisnis
- Lokasi perusahaan yang mengikuti kondisi alam, lokasi perusahaan jenis ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor ekonomi
3. Perusahaan dan Lembaga Sosial
1. Tujuan Pendirian Perusahaan
- Tujuan Ekonomis, berkenan dengan upaya perusahaan untuk memprtahankan eksistensinya
- Tujuan sosial, perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas
Sistem adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka pencapaian tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat, maupun tanggung jawab sosial
- Kepada pemilik modal: pengelolaan keuangan dan kemajuan perusahaan
- Kepada lembaga peneliti: membantu pendanaan
- Kepada pekerja: membayar gaji dan memenuhi fasilitas kerja
- Kepada konsumen: menyediakan barang dan jasa yang bagus
- Kepada pemerintah:membayar pajak
- Kompleks
- Sebagai suatu kesatuan/unit
- Sifatnya beragam
- Saling tergantung
- Dinamis
Ada dua fungsi perusahaan apabila kedua fungsi tersebut dijalankan secara lancer, terkordinir, terintegrasi dalam rangka mencapai tujuan perusahaan:
- FUNGSI OPERASI, pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, pelayanan umum dan UUD, fungsi operasi penunjang
- FUNGSI MANAJEMEN,Perencanaan, pengorganisasian, pengarah pengendalian. Bila keduanya berjalan dengan baik perusahaan akan menjalankan operasinya dengan lancar, terkoordinasi, terintergrasi dalam rangka mencapai tujuan
Ciri-ciri umumnya :
- Operatif: adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan ekonomi, penyedia/distribusi barang dan jasa. Koordinatif: diperlukan koordinasi semua pihak agar mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan
- Regular: untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat aktivitas agar dapat bergerak maju
- Formal: tunduk kepada aturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian
4. Lingkungan Perusahaan dan Pengaruhnya terhadap Perusahaa
1. Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan perusahaan. Lingkungan ekstenal meliputi variable-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan societal ataupun lingkungan ataupun factor-faktor spefisik yang beroperasi dalam lingkungan kerja organisasi. Variable-variabel eksternal ini di bagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang.
2. Lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi
5. Pendekatan dalam Melihat Bisnis dan Lingkungan
Kesempatan bisnis serta bisnis itu akan selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Hubungan antar bisnis dengan lingkungan sangat erat. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan akan tersingkir dari kancah persaingan bisnis. Pada mulanya telah dilakukan secara tradisional yaitu mereka beranggapan bahwa bisnisnya yang merupakan hal yang terpenting atau yang menduduki titik sentral sedangkan lingkungan merupakan hal sekunder yang mengelilingi bisnisnya. Pandangan tradisional tersebut sering disebut dengan yang berorientasi produsen atau “Producer Oriented Aproach”. Pandangan itu memang cocok dengan kondisi saat itu , dimana pada saat itu keadaannya disebut sebagai “seller is market”, yang artinya produsen masih langka sehingga barang apapun yang dihasilkan akan selalu terjual. Akan tetapi keadaan itu berubah, dimana pengusaha menjadi bertambah banyak dan masyarakat menjadi lebih selektif sehingga timbulah persaingan yang ketat diantara para pengusaha. Hanya pengusaha yang mampu menyesuaikan diri dengan kebutuhan konsumenlah yang mampu bertahan. Keadaan ini disebut “buyer is market” atau “pasar pembeli” yaitu keadaan dimana pembeli yang akan menentukan semuanya dan bukan bukan penjual. Dalam hal ini berlaku suatu ungkapan “pembeli adalah raja”.Dalam hal ini siapa yang berhasil mendekati konsumen dialah yang akan bertahan dalam kancah persaingan bisnis. Pada saat seperti inilah pengusaha harus pandai melihat faktor lingkungan. Jadi dalam hal ini yang merupakan faktor yang sentral adalah masyarakat atau konsumen sedangkan pengusaha atau bisnisman mengelilinginya untuk melayani kebutuhan secara lebih baik sesuai dengan selera konsumen.
DAFTAR PUSTAKA
http://dedihidayat-deddy.blogspot.com/2012/05/perusahaan.html
http://qeyty.blogspot.com/2008/10/bab-i-bisnis-dan-lingkungan_06.html
http://syadiashare.com/pengertian-perusahaan.html
adektarisuryani.wordpress.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan